Rekomendasi wisata kuliner di Malang yang wajib untuk dinikmati

Malang memang menjadi destinasi yang menarik perhatian. Wilayah yang berada di provinsi Jawa Timur ini menyimpan banyak tempat wisata. Kamu bisa menemukan berbagai tempat wisata pantai di wilayah bagian timur dari Malang hingga tujuan wisata hiburan yang edukatif. Namun, kamu juga perlu tahu bahwa Malang juga menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang wajib untuk dinikmati. Hingga kini sudah banyak pilihan tempat kuliner yang ada di Malang dengan berbagai makanan yang menarik perhatian. Masing-masing dari menu kuliner juga ditawarkan dengan berbagai rasa dan pilihan harga. Hal ini yang membuat kamu bisa menghabiskan waktu liburan sambil menikmati wisata kuliner di Malang.

6 pilihan wisata kuliner di Malang terbaik

wisata kuliner di malang
wisata kuliner di malang

Sebenarnya ada banyak pilihan tempat wisata kuliner yang bisa kamu nikmati bersama dengan teman dan keluarga. Tentu saja seluruh pilihan menu kuliner yang ditawarkan memberikan rasa khas dari Malang itu sendiri. Berikut ini ada 6 rekomendasi wisata kuliner di Malang yang bisa kamu coba seperti:

1.Bakso President

Ini adalah salah satu dari wisata kuliner di Malang yang sangat legendaries dan memang menarik banyak perhatian dari pengunjung atau wisatawan. Bahkan, sebagian dari wisatawan menganggap tidak lengkap kalau belum mampir ke Bakso President. Tempat kuliner ini menawarkan banyak pilihan jenis bakso yang bisa dinikmati. Kamu bisa memilih bakso khas Malang dengan rasa yang khas, menu bakso bakar, bakso orisinil hingga bakso jeroan. Masing-masing dari jenis menu bakso ini memang memberikan rasa yang berbeda.

Bagi kamu yang penasaran ingin mencoba menu bakso ini bisa langsung datang ke Kedai Bakso President yang ada di jalan Batanghari no 5, Malang. Pilihan harga yang ditawarkan dari menu bakso ini berkisar 10 ribu hingga 25 ribu. Kedai bakso ini memiliki jam operasional dari pukul 8 pagi hingga 21.30 malam. Jangan khawatir karena kamu kedai Bakso ini buka setiap hari.

2. Hok Lay

Rekomendasi lain dari tempat wisata kuliner yang ada di Malang adalah Hok Lay. Tempat wisata ini menawarkan berbagai menu tradisional dengan tampilan yang sangat klasik. Namun, cita rasa dari menu yang bisa kamu nikmati tentu saja merupakan ciri khas dari Malang. Apalagi Hok Lay yang sudah lama beroperasi sejak 1946 merupakan salah satu tempat kuliner yang sangat legendaris. Ada beberapa pilihan menu yang bisa kamu nikmati dari tempat kuliner ini.

Pilihan menu dari Hok Lay yang sangat legendaris yaitu Cwiemie yang merupakan makanan olahan mie dengan rasa yang sangat khas dan spesial. Bahkan, tekstur dari mie yang digunakan juga sangat lembut. Apalagi kamu juga bisa menikmati beberapa pilihan topping yang membuat tampilan dan rasa dari mie ini terlihat lebih enak.

Menu lain yang harus kamu coba tentu saja Lumpia spesial. Menu andalan dari Hok Lay ini berisi 2 lumpia spesial dalam satu porsi. Lumpia ini sangat berbeda karena memiliki kolaborasi isian rebung atau bambu muda dengan irisan ayam. Rasa yang khas pada lumpia akan membuat kamu ketagihan dan mencoba untuk memesan porsi tambahan lain.

Mungkin kamu juga bisa mencoba menu andalan lain yaitu minuman Fosco. Ini adalah minuman tradisional dengan campuran susu dan coklat. Biasanya para pengunjung akan menikmati minuman ini sambil memesan Cwiemie. Buat kamu yang penasaran ingin mengunjung Hok Lay bisa langsung datang ke Jln. K.H. Achmad Dahlan no 10.

3. Hot Cui Mie

Bagi kamu yang menggemari jenis makanan mie sebenarnya ada tempat khusus yang bisa dicoba. Tempat wisata kuliner di Malang ini memiliki nama Hot Cui Mie. Lokasi dari tempat kuliner ini berada di Jalan Kawi Atas. Olahan mie yang ditawarkan memang memiliki kemiripan dengan tempat lain. Namun, kamu akan menemukan rasa dan tekstur mie yang berbeda. Apalagi pilihan mie yang digunakan untuk setiap menu juga berbeda. Hal ini yang membuat kamu tidak akan pernah bosan untuk mencoba pilihan menu olahan mie lainnya.

Salah satu pilihan menu yang sangat populer adalah olahan mie dengan mangkuk yang menyerupai bentuk dari pangsit goreng. Rasa gurih dari pangsit itu akan memberikan pengalaman menyantap yang sangat berbeda. Apalagi harga dari setiap menu juga cukup terjangkau sekitar 20 ribuan.

Tempat kuliner ini memiliki jam operasional dari pukul 10 pagi hingga 8 malam. Kamu bisa mengunjungi tempat ini dengan mudah karena didukung dengan waktu buka setiap hari.

4. Toko Oen

Wisata kuliner lainnya yang ada di Malang bisa kamu nikmati dengan mengunjungi Toko Oen. Tempat ini merupakan kedai yang paling tua di Malang dengan sajian menu khas western. Bahkan, menu yang ditawarkan juga tidak berubah sejak pertama kali buka. Toko ini terletak di Jalan Basuki Rahmat yang berdekatan dengan alun-alun Malang. Kondisi seperti ini tentu saja akan memudahkan kamu untuk melakukan perjalanan wisata sambil menikmati menu yang ditawarkan.

Menu favorit yang ditawarkan dari toko ini adalah ice cream. Ada banyak pilihan olahan ice cream dengan berbagai rasa. Selain itu, topping yang diberikan pada menu ice cream juga bisa sesuai selera. Pilihan menu lain yang bisa kamu nikmati seperti steak spesial hingga nasi goreng khas Malang. Sajian menu yang ditawarkan bisa dinikmati sambil berada di gedung dengan interior yang sangat klasik. Pengalaman ini akan membuat kamu merasa seperti pada masa 1920an.

5. Soto Gebrak Mbah Djo

Menu kuliner yang terkenal lainnya adalah Soto Gebrak Mbah Djo. Warung soto ini berada di kawasan jalan MT Haryono. Warung ini dianggap cukup legendaris karena sejarah dan juga cita rasa yang ditawarkan. Awal mula nama dari warung soto ini berasal dari kebiasaan Mbah Djo yang memotong daging ayam sambil menggebrak meja. Sejak saat itu para pengunjung memberikan nama itu.

Soto daging menjadi menu andalan di warung ini. Rasa khas yang sangat tradisional membuat banyak pengunjung dan wisatawan yang ingin mencoba. Selain itu, kamu juga bisa menikmati beberapa pilihan menu tradisonal lainnya dengan harga sekitar 20 ribuan per porsi.

6. Pecel Kawi

Kamu bisa menjadikan Pecel Kawi sebagai salah satu tujuan wisata kuliner saat berkunjung ke Malang. Pecel ini juga dianggap sebagai kuliner legendaris karena sudah ada sejak 1975. Tempat kuliner ini berada di kawasan perempatan arah jalan Besar Ijen.

Menu andalan yang bisa kamu nikmati tentu saja pecel lengkap dengan berbagai sayuran yang masih sangat segar. Selain itu, ada juga menu tempe, ayam goreng, tahu, jeroan dan lainnya dengan cita rasa khas Malang. Setiap porsi dari pecel yang ada di menu memiliki harga cukup terjangkau sekitar 20 ribuan. Tentu saja harga setiap porsi akan disesuaikan dengan tambahan menu yang kamu inginkan.